Universitas Sultan Ageng Tirtayasa UNTIRTA

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Provinsi Banten, Indonesia. Dengan kampus utama di Serang dan kampus Fakultas Teknik yang berada di Cilegon. Pada awalnya bernama Universitas Tirtayasa yang dikelola oleh Yayasan Tirtayasa dan resmi menjadi Universitas Negeri dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No 32 tahun 2001, tertanggal 19 Maret 2001 dengan nama Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) terdiri dari enam fakultas, yaitu Fakultas ekomoni, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa kampus Serang berada di Jalan Raya Jakarta Km.4 Pakupatan Serang Provinsi Banten, sedangkan kampus Fakultas Teknik berada di Jalan. Jend. Sudirman Km.3 Cilegon Provinsi Banten Telp (0254) 395502.

Program Studi

Fakultas Hukum

1. Hukum

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

1. Pendidikan Matematika
2. Pendidikan Biologi
3. Pendidikan Luar Sekolah
4. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
5. Pendidikan Bahasa Inggris

Fakultas Ekonomi

1. Akuntansi
2. Manajemen

Fakultas Pertanian

1. Jurusan/prodi. Sosial Ekonomi Pertanian/Agrobisnis
2. Jurusan/prodi. Agronomi/Agroteknologi
3. Jurusan/prodi. Perikanan

Fakultas Teknik

1. Teknik Kimia
2. Teknik Sipil
3. Teknik Elektro
4. Teknik Metalurgi
5. Teknik Industri
6. Teknik Mesin

Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi Untirta didirikan pada tahun 1986 dengan dukungan dari kaum cendikiawan dan tokoh masyarakat dengan membuka Jurusan Manajemen. Atas anjuran dan dukungan PT. Krakatau Steel maka Fakultas Ekonomi membuka Jurusan Akuntansi pada tahun 1987 guna memenuhi kebutuhan tenaga akuntan.

Fakultas Ekonomi mendapatkan status terdaftar pada tahun 1989 dengan SK Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI. No. 0031/0/1989. Mengalami perkembangan dan kemajuan yang lebih baik pada tahun 1998 Fakultas Ekonomi mendapat status diakui untuk Jurusan Manajemen dan status terdaftar untuk Jurusan Akuntansi dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tingi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Nomor 133/IKTI/KEP/1998.

Sejak penegrian UNTIRTA definitive April 2004 Jurusan Manajemen mendapatkan Nilai B dengan SK No.003/BAN-PT/Ak-X/S1/V/2006.
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Ilmu Sosial dan Imu Politik (FISIP) UNTIRTA didirikan pada tahun akademik 2002/2003 dan mendapat Ijin Penyelenggaran Program S1 Studi Administrasi Negara dan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi dari DIRJEN DIKTI DEPDIKNAS melalui SK. Nomor :1179/D/ T/2003 tertanggal 10 Juni 2003. FISIP seiring dengan disahkannya SOTK Untirta oleh Mendiknas sebagai sebuah Fakultas mendapat legitimasi menjadi bagian dari Untirta,dengan nomor SK : 124/0/2004
Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa didirikan tahun 1984, merupakan salah satu lembaga pendidikan negeri terkemuka di Banten yang mencetak tenaga profesional dan tenaga akademik di bidang pertanian.

Pada saat awal kelahirannya Fakultas Pertanian UNTIRTA mempunyai satu Jurusan yaitu: Sosial Ekonomi Pertanian. Dalam perkembangan berikutnya tahun 2002 melalui Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 496/ D/T/ 2002, Fakultas Pertanian membuka Program Studi Agronomi. Pada tahun 2008, sesuai surat Dirjen DIKTI Nomor: 547/D/T/2008 tangal 5 Maret 2008 tentang ijin penyelenggaraan Program Studi Perikanan (S1) pada Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, bertambah satu Program Studi, yaitu Perikanan. Mulai Tahun Akademik 2008/2009 Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa membuka program studi baru yakni Program Studi Perikanan.
Fakultas Teknik

Fakultas Teknik berlokasi di kampus Cilegon. Keberadaan jurusan-jurusan yang ada di Untirta merupakan respon Fakultas Teknik Untirta terhadap keberadaan dunia industri di propinsi Banten.

Untuk mendukung berjalannya kurikulum, masing-masing jurusan dilengkapi laboratorium-laboratorium. Laboratorium ini menjadi pendukung utama bagi mahasiswa untuk menyelesaikan perkuliahan sekaligus membantu para dosen dalam penyelenggaraan penelitian-penelitiannya.

Fakultas Teknik Untirta berdiri di atas tanah seluas ± 3 hektar dan dalam waktu dekat ini akan menambah luas wilayahnya menjadi 18 hektar. Penambahan ini dimaksudkan untuk merespon kebutuhan akan ruang yang lebih banyak lagi, karena peningkatan mahasiswa Fakultas Teknik yang cukup signifikan tiap tahunnya.

Untuk mewujudkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Teknik Untirta sejak tahun 1998 menyelenggarakan Program BEASISWA D1 Operator Industri Kimia bekerja sama dengan Asosiasi Industri Kimia (AMC//CMA), Pemkot Cilegon & Industri lainnya bagi PUTRA DAERAH BANTEN. Program Beasiswa yang juga dikenal dengan P3TIK (Program Pendidikan & Pelatihan Teknisi Industri Kimia) ini telah berjalan 12 tahun (data tahun 2010) ini merupakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (Community Development) yang sering disebut CSR-Corporate Social Responsibility, dan telah meluluskan 350 orang dengan jumlah alumni yang bekerja sekitar 81 % di Banten, Jakarta & Timur Tengah (Qatar, Saudi Arabia, UAE, dll).

Selain itu sebagai upaya berperan aktif dalam menyiapkan SDM berkualitas pada bidang IT, maka FT. Untirta pada tahun ajaran 2009/2010 membuka program Diploma III Teknik Komputer dan Multimedia. Program ini berada di bawah Jurusan Teknik Elektro Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

About these ads
Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: