STIE Perbanas

Berawal dari pendirian Yayasan Pendidikan Perbanas (YPP) pada 19 Februari 1969 yang menyelenggarakan Akademi Ilmu Perbankan, yang berkembang menjadi Akademi Akuntansi dan Perbankan, dan saat ini menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Jakarta. Melalui Surat Keputusan Dikti pada 24 Oktober 2007 disetujui penggabungan STIE PERBANAS dan STIMIK PERBANAS menjadi satu Perguruan Tinggi Bernama ABFI INSTITUTE PERBANAS Kepanjangan dari “ASIAN BANKING FINANCE and INFORMATICS INSTITUTE of PERBANAS”.

Sekolah Tinggi llmu Ekonomi (STIE) Perbanas Jakarta adalah lembaga pendidikan tinggi pertama yang menyelenggarakan pendidikan di bidang keuangan dan perbankan. Lembaga ini berawal dari Yayasan Pendidikan Perbanas (YPP) yang didirikan secara resmi sebagai badan hukum pada 19 Februari 1969. Saat itu Yayasan Pendidikan Perbanas mendirikan Akademi llmu Perbankan, yang kemudian berkembang menjadi Akademi Akuntansi dan Perbankan (AAP) dan kini menjadi STIE Perbanas Jakarta. Saat ini STIE Perbanas memiliki dua jurusan, yaitu Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi.

Seluruh bangunannya mencapai 22.820 meter persegi, yang terdiri dari enam unit bangunan bertingkat, lengkap dengan sarana dan prasarana pendidikan, seperti ruang-ruang kelas ber-AC, Perpustakaan seluas dua lantai, berbagai jenis laboratorium, auditorium, ruang seminar, taman belajar, kantin, mesjid, poliklinik dan lain-lain. STIE Perbanas Jakarta merancang dan mendesain kurikulum, serta proses pembelajaran yang berorientasi pada penciptaan kompetensi serta kualitas lulusan yang tinggi di masa depan; didukung staf pengajar berkualitas tamatan dari berbagai perguruan tinggi terbaik dari dalam dan luar negeri, yang akan menjadi fasilitator bagi pengembangan modal intelektual sumber daya manusia melalui proses pembelajaran yang berkualitas, berdasarkan nilai-nilai pengetahuan, kreatifitas pembelajaran sepanjang hidup (life long education) serta nilai-nilai kemanusiaan yang merupakan komitmen STIE Perbanas sepanjang masa.

Makna Lambang STIE Perbanas

* Kapas dan kelopak bunga berjumlah 17 helai melambangkan kesejahteraan sandang.
* Buku berjumlah 8 melambangkan ilmu yang dalam dan mendasar.
* Padi dengan tangkai dan butir-butir berjumlah 45 butir melambangkan kemakmuran pangan.
* Pita merupakan pengikat yang mempersatukan sivitas akademika dalam melaksanakan tugasnya mengabdi Nusa dan Bangsa, serta tidak lupa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
* Di tengah-tengah pita terdapat tulisan PERBANAS yang melambangkan pengabdian, kesetiaan kepada lembaga yang mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.
* Tugu melambangkan keteguhan dan ketangguhan pengabdian.
* Api di atas tugu melambangkan pengabdian yang tak kunjung padam dari segenap anggota keluarga STIE Perbanas Jakarta kepada Nusa dan Bangsa.
* Lingkaran merah mengelilingi kapas, padi, buku dan api di atas tugu menjadi wadah pemersatu.
* Jumlah lukisan di dalam lingkaran yang terdiri atas kapas, buku, dan padi mengingatkan kita kepada saat-saat bersejarah bagi bangsa Indonesia, yaitu Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

Dapat disimpulkan bahwa lambang tersebut bermakna : Segenap sivitas Akademika STIE Perbanas bersatu didalam pengabdian yang teguh dan tak kunjung padam, di dalam menuntut ilmu menuju kesejahteraan dan kemakmuran Nusa dan Bangsa, sesuai dengan cita-cita proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia 17 Agustus 1945.
[sunting] Lokasi

STIE Perbanas memiliki kampus di kawasan bisnis segitiga emas (Jl. Jend. Sudirman, Jl. Gatot Subroto, Jl. H.R. Rasuna Said) di atas tanah seluas 13.372 m2 dengan luas bangunan seluruhnya 22.820 m2 yang terdiri atas enam unit bangunan bertingkat.
[sunting] Program yang Dikelola

Terdapat dua jurusan, yaitu Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi untuk strata satu (S1) dan diploma tiga (D3).

Selain itu STIE Perbanas juga mengelola Program Pascasarjana yang berdiri sejak 10 Desember 1999 dengan membuka tiga konsentrasi, yaitu Keuangan dan Perbankan, Pemasaran dan Sumber Daya Manusia. Yang Terbaru Konsentrasi Perbankan Syariah.

About these ads
Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: